Posted by : salju82.blogspot
Apakah kamu pernah bertanya bagaimana
sejarah
terciptanya logo mercedes benz. Toyota, Honda, dan merk mobil lain yang
kita kenal sekarang ini? Berbagai model mobil selalu berubah-ubah, tapi
ada satu hal yang nyaris abadi, logo perusahaan mobil tidak pernah
berubah. Dibalik keabadian logo tersebut ternyata tersimpan maksud dan
sejarah. Logo tak hanya sekedar simbol identitas visual suatu produk
otomotif.
Tapi, logo punya fungsi penting — memperkenalkan produk ke
pasar dunia.Ada tiga tipe logo mobil yang kini dikenal, berbentu simbol,
teks, maupun kombinasi antarkeduanya. Ada maksud tertentu atau kisah di
balik sebuah logo yang bisa membuat penasaran. Ini cerita dan fakta
menarik di balik logo mobil-mobil top dunia.
01. Mercedes Benz

Logo
bintang segitiga Mercedes punya arti khusus — dominasi perusahaan yang
meliputi darat, laut, dan udara. Sedangkan nama Mercedes berasal dari
seorang pengusaha Austria dan pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia
memiliki seorang anak bernama Mercedes. Jellinek tak hanya menjual mobil
Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG) namun berpartisipasi dalam balap
motor pertama di Jerman. Saat itu dia mengendarai kendaraan yang dibuat
DMG di balik nama samarannya, Mercedes.
Saat itu, Mercedes merujuk ke nama tim dan pengemudi. Namun, saat ini
Mercedes adalah hasil merger dua perusahaan mobil,
Daimler-Motored-Gesellschaft atau DMG, yang didirikan oleh Gottlieb
Daimler dan Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang didirikan oleh
Karl Benz.Logo saat ini, bintang dalam lingkaran, diperkenalkan untuk
pertama kalinya di 1937.
02. Audi

Insinyur
Jerman, August Hoch mendirikan perusahaan A. Horc & Cie pada 1899.
Satu dekade kemudian, dia terpaksa hengkang dari perusahaan yang
didirikannya. Tak patah arang, bersama patner bisnisnya, Franz
Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru. Ketika mendiskusikan nama
perusahaan barunya, putra Fikentscer yang sedang belajar Bahasa Latin di
sudut ruangan menanyakan arti
‘audiatur et altera pars’
[bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya Horch?] Kata ‘Horc’
adalah singkatan dari kata ‘mendengar’ dalam Bahasa Jerman.
Sementara
Audi adalah kata latin yang juga berarti ‘mendengar’. Kemudian, pada
1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch, DKW, dan Wanderer merger
menjadi satu perusahaan, Auto Union. Kemudian dipilihlah logo berupa
empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan empat perusahaan yang jadi
kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka hingga saat ini.
03. BMW

Logo
lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran terbagi
empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling. Itu
melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru. Simbol
itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin pesawat
terbang, misalnya ‘Red Baron’ untuk pemerintah Jerman selama Perang
Dunia I. Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah Jerman
menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW.
Kondisi tak punya
pilihan saat itu, justru membuat BMW berkreasi. Arah bisnis berubah.
Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem kereta api, lalu sepeda
bermotor, sepeda motor, dan lalu mobil — yang mendunia.
04. Chevrolet

Ada
dua kisah mengenai logo Chevrolet, ‘bowtie’. Yang pertama, pendiri
perusahaan, William C Durant terinspirasi kertas pelapis dinding di
sebuah hotel di Perancis. Dia merobeknya untuk dijadikan logo. Versi
cerita berbeda datang dari istrinya. Dikatakan, inspirasi emblem bowtie
datang dari sebuah surat kabar Virginia — ketika mereka berlibur di
daerah Hot Springs, Virginia, sekitar tahun 1912.
05. Ferrari

Simbol
‘Cavallino Rampante’ alias kuda jingkrak Ferrari ternyata punya cerita
menarik. Simbol itu aslinya adalah emblem para penerbang Italia dalam
Perang Dunia Kedua. Simbol itu dipakai juga Franceco Baracca — penerbang
Italia yang gugur dalam perang. Ketika Enzo Ferrari memulai perusahaan
mobil miliknya, dia menggunakan logo tersebut di mobil balap Alfa Romeo,
atas dorongan orang tua Baracca. Kemudian, ‘kuda jingkrak’ tak hanya
dipasang di mobil Ferrari. Popularitasnya melebihi yang diperkirakan.
Kini, logo Ferrari bisa ditemukan di sepeda, kaos, dan apapun yang bisa
dibayangkan.
06. Fiat

Pada
1899, perusahaan bernama “Fabbrica Italiana Automobili Torino” atau
disingkat Fiat didirikan di Turin. Poster khusus dicetak untuk merayakan
hari itu. Di kiri atas poster, terdapat gambar seniman lengkap dengan
perkamen kecil berisi nama perusahaan, itulah logo pertama Fiat. Logo
itu kemudian mengalami beberapa modifikasi hingga saat ini. Dalam ulang
tahun ke 100 Fiat, pada 1999 diperkenalkan logo baru berlapis krom
dengan karakteristik khusus pada huruf ‘A’ dengan latar belakang biru.
Logo baru Fiat baru pertama kali digunakan pada Bravo, pada tahun 2006.
Logo baru mewakili visi Fiat — sebuah merek yang fokus terhadap
tantangan di masa depan, tetapi juga bangga dengan identitas historisnya
.
07. Ford

Logo
mobil asal Amerika Serikat ini sederhana, dengan huruf ‘Ford’ yang
ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun. Bentuk huruf
ini diperkenalkan Harold Wills — rekan dekat Henry Ford. Ketika remaja,
Wills mencari uang dengan membuat kartu nama. Ketika rekannya, Henry
Ford mencari logo untuk perusahaannya, Wills menyodorkan set cetakan
tuanya dan model huruf yang digunakan di masa remajanya untuk mencetak
kartu nama. Pada 1912, lingkaran oval ditambahkan dalam logo Ford. Pada
1927, logo juga mengalami perkembangan, warnanya menjadi biru. Logo
terakhir — oval biru ini dirilis 2003 untuk menghormati 100 tahun Ford
Motor Company.
08. Lamborghini

Beberapa
logo mobil mencerminkan selera sang pemilik. Salah satunya logo
‘banteng mengamuk’ di Lamborghini. Pendiri perusahaan, Ferrucio
Lamborghini adalah penggila matador, sampai-sampai memilihnya sebagai
logo perusahaan mobilnya. Banyak mobil Lamborghini yang diberi nama
banteng yang telah mendapatkan penghargaan dalam event-event dunia.
09. Renault

Perusahaan
Renault didirikan oleh Louis Renault ketika baru berusia 21 tahun. Logo
pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault bersaudara, Louis,
Ferdinand, dan Marcel. Perusahaan ini juga punya logo khusus untuk tank
militer — setelah tank ringan produksi perusahaan Renault, FT-17
digemari selama Perang Dunia I. Logo bentuk berlian diperkenalkan pada
tahun 1925 dan didesain ulang pada tahun 1972 oleh desainer terkenal
Victor Vasarely. Logo yang berlaku saat ini, berlian dikelilingi persegi
kuning adalah simbol kualitas.
10. Volkswagen

Sederhana
tapi mengena, itu yang menggambarkan logo mobil Volkswagen. Logo VW
adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana dan cepat dikenal di
dunia. Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang lingkaran
warna biru. Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti ‘mobil rakyat’. Logo
ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan Franz Reimspiess.
Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik — dimulai pada 1930-an,
era Nazi Jerman. Adalah ide Hitler untuk memulai produksi mobil dengan
harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler dan Gercinand Porsche
mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua orang
dewasa dan tiga anak kecil.
Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih
banyak memproduksi kendaraan militer ketimbang mobil untuk rakyat —
membuka kedok di balik maksud Hitler sebenarnya. Pasca kekalahan Jerman
dalam perang, Inggris mengambil alih pabrik Volkswagen dan mencoba
menjualnya. Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW, yang
dianggap inferior. Namun, VW berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen
Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia.
11. Volvo

Volvo
berarti ‘saya berputar’ dalam bahasa latin. Kata Volvo berasal dari
kata latin ‘volvere’ yang berarti berputar. Logo Volvo adalah simbol
kuno untuk besi — yakni lingkaran dengan anak panah menunjuk ke atas
secara diagonal ke kanan. Simbol ini juga merepresentasikan ‘Mars’ dewa
perang. Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk fitur
keselamatan. Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan tradisi
kuat industri besi Swedia. Logo Volvo terpasang di atas latar belakang
biru.
12. Hyundai

Perusahaan mobil Korea Selatan ini memiliki slogan
‘Drive your way’
ini memiliki logo huruf ‘H’ dikelilingi bentuk oval — menggambarkan
keinginan kuat perusahaan untuk mendunia. Huruf H yang miring dan
bergaya, juga menggambarkan simbol dua orang — representasi perusahaan
dan pelanggan — sedang berjabat tangan.
13. Toyota

Dari
kejauhan, logo Toyota mirip huruf ‘T’ yang berarti ‘Toyota’. Namun,
jika diamati lebih dekat, logo mobil Jepang itu terdiri dari tiga bentuk
oval. Dua oval yang saling bertautan menyerupai huruf ‘T’
merepresentasikan hubungan saling menguntungkan dan saling mempercayai
antara pelanggan dan Toyota. Latar belakang oval yang lebih besar
menggambarkan perkembangan kemajuan teknologi dan kesempatan tak
terbatas bagi perusahaan untuk terus maju.
Posted by : http://www.salju82.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar